Jumat, 15 September 2017

Dasar linux

Penjelasan DHCP Server
DHCP adalah metode protokol yang berbasis arsitektur client atau server yana dipakai untuk memudahkan pengalokasian IP Address dalam satu jaringan. Atau salah satu protokol pada jaringan komputer yang dapat memberikan atau meminjamkan IP address terhadap host yang berbeda dalam satu jaringan secara otomatis.
Fungsi DHCP server:
✓ Memiliki fungsi utama yaitu mendistribusikan IP address secara otomatis kepada setiap client yang terhubung dengan jaringan komputer.
✓ DHCP akan memberikan kemudahn bagi seorang network, karena alokasi IP address dapat ditentukan secara otomatis dan dalam satu kali kerja.
✓ Bisa memberikan IP address secara dinamik, juga bisa memberika IP address secara statis kepada client yang terhubung kejaringan komputer.

CARA KERJA DHCP SERVER
1. IP least request: pada saat client meminta nomor IP keserver, pada saat DHCP client dihidupkan maka komputer akan melakukan request ke DHCP server untuk mendapatkan IP
2. IP least offer: DHCP menjawab dengan mmberikan nomor IP yang ada didata base DHCP.
3. IP least selection: client memilih penawaran DHCP server yang pertama diterima dan kembali melakukan broadcast dengan message menyetujui permintaan tersebut.
4. IP Least acknowledge: DHCP mrmberikan jawaban atas pesan tersebut berupa konfirmasi nomor IP dan informasi lain kepada client dengan sebuah acknowledge. Kemudia client akan melakukan instalasi dengan mengikat no IP tersebut dan client dapat bekerja pada jaringan tersebut. Nomor IP diberikan bersama dengan subnetmask dan default gateway.


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 komentar: