Senin, 18 September 2017

Backup Database MySQL Otomatis di Ubuntu Linux

Backup Database MySQL Otomatis di Ubuntu Linux
Leave a reply
Untuk urusan backup database MySQL, biasanya kami menggunakan script automysqlbackup. Namun ternyata automysqlbackup tidak bisa diinstal kalau kita menggunakan MySQL versi 5.6 karena masalah dependensi mysql-client.

Solusi terbaik adalah membuat script backup sendiri yang tidak ada dependensinya dengan library mysql-client. Dan kita bisa menggunakan perintah mysqldump bawaan mysql. Script di bawah ini diambil dari sini. Simpan script ini dengan nama mysql-backup.sh

#!/bin/bash
#Script to make a regular copy of a mysql database and gzip it into the SAVEDIR.

USER="root"
PASSWORD="passwordnya"
DATABASE="namadatabasenya"
SAVEDIR="/mysql/backup"

/usr/bin/nice -n 19 /usr/bin/mysqldump -u $USER --password=$PASSWORD --default-character-set=utf8 $DATABASE -c | /usr/bin/nice -n 19 /bin/gzip -9 > $SAVEDIR/$DATABASE-$(date '+%Y%m%d-%H').sql.gz
Tinggal sesuaikan parameter USER, PASSWORD, DATABASE dan SAVEDIR sesuai kebutuhan. Jangan lupa daftarkan script ini di crontab. Edit file /etc/crontab dengan perintah:

sudo nano /etc/crontab
Kemudian tambahkan baris berikut ini:

0  1     * * *     root      /home/dewo/mysql-backup.sh
Tentu sesuaikan direktorinya dengan dimana Anda menyimpan script mysql-backup. Pada contoh ini saya menjalankan mysql-backup.sh setiap jam 1:00. Anda bisa menyesuaikan jadwal backup ini.


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 komentar: